Friday, July 13, 2012

Hijabku Pilihan Hidupku by Rizkha Ayudya Y

Rizkha Ayoe

Assalamualaikum ukhti-ukhti semua..
Perkenalkan namaku Rizkha Ayudya Yuliasari. Aku mahasiswi di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang. Usiaku 20tahun. Disini aku akan berbagi pengalaman pertamaku ketika mengenakan hijab. Aku mengenal hijab saat usiaku masih kecil, tapi saat itu aku belum kepikiran untuk mengenakannya. Ketika beranjak dewasa, tepatnya saat masuk kuliah sempat berpikir untuk mengenakan hijab. Saat Ospek dimulai selama 3 hari, aku coba-coba mengenakan hijab. Mungkin karena saat itu masih cuman ikut-ikutan temen, di hari sesudah Ospek aku memustuskan untuk mencopot hijabku. Sebab selama 3 hari saat mengenakan hijab, mungkin karena tidak dari hati memakainya, ada aja yang terjadi. Mulai dari kepanasan, atau kejadian- kejadian jelek. Dalam hati ada perasaan bersalah, sebab aku menggunakan hijab untuk main-main.

Saat itu mamahku tahu dan memberi tahuku bahwa kalau kamu belum merasa mantap untuk menggunakannya jangan digunakan dulu. Daripada pakai jilbab cuman untuk ikut-ikutan atau bukan karena hati. Saat itu, aku pun berpikir omongan mamahku ada benarnya, sebab saat itu aku belum merasa nyaman memakai hijab dan juga karena faktor pacarku yang dulu tidak mengijinkan aku mengenakan hijab. Akhirnya aku memutuskan untuk tidak mengenakannya.

Kemudian beranjak semester 5 tepatnya Agustus 2011, aku mulai tertarik dengan yang namanya hijab. Pertamanya aku tertarik sebab saat itu tren busana muslim sudah mulai uptodate dibanding busana muslim tahun-tahun sebelumnya. Dan juga, teman-temanku sudah banyak yang mengenakan hijab. Aku sering bertanya tentang pengalaman atau cara mengenakan hijab yang nyaman dipakai. Akupun sering mencari informasi tentang tutorial mengenakan hijab, atau membaca buku tentang kewajiban memakai hijab. Aku yang dulu mengerti bahwa hijab itu merupakan pilihan ternyata salah. Hijab ternyata sebuah kewajiban semua kaum wanita. Bahkan dianjurkan sedari kecil hendaknya memakai hijab. Dari situlah aku semakin yakin bahwa aku bisa menjalankan kewajiban itu.

Aku mulai membeli jilbab, atau bahkan sering mencoba memakai jilbab dengan tutorial yang aku download dari internet. Aku bersyukur, di saat yang sudah modern ini aku gampang mencari informasi tentang aturan- aturan berjilbab yang sesuai syariah Islam. Tapi saat itu aku masih belom yakin untuk mengenakan hijab. Padahal hampir 2 bulan aku belajar mengkreasikan berbagai model jilbab atau mencari informasi- informasi mengenai hijab. Kemudian tanggal 7 November 2011, saat itu tepatnya Idul Adha aku bicara kepada mamahku, bahwa aku ingin berjilbab. Mamahkupun senang mendengar ucapanku. Tetapi mamahku menasehatiku bahwa kalau aku sudah mengenakan jilbab, jangan pernah dicopot lagi. Sebab jilbab itu ibarat harga diri kita. Dan akupun berjanji bahwa aku tidak akan mencopot hijabku.

Pada tanggal 9 November 2011, untuk pertama kalinya aku ke kampus dengan mengenakan hijab. Awalnya aku takut kalau teman- teman akan tak mengenaliku atau bahkan tak suka dengan penampilanku, ternyata teman-temanku menyukai penampilanku yang baru. Akupun semakin yakin bahwa pilihanku ini benar. Semenjak aku mengenakan hijab, gak tau apa kebetulan atau mungkin keberuntungan semua apa yang aku inginkan rasanya di kabulkan Allah. Semua masalah yang aku hadapi Alhamdulillah diberii kemudahan oleh Allah. Akupun semakin mendekatkan diri atau mulai menjaga sikapku dan juga masih mencari informasi- informasi tentang hijab.

Sampai saat ini, aku masih berusaha untuk belajar menjadi wanita muslimah yang sholehah di mata Allah, dan aku semakin mengenal Islam secara lebih terbuka. Buat teman-teman yang mungkin belum mengenakan hijab, mungkin pengalamanku ini bisa memberikan motivasi buat teman-teman agar tertarik menggunakan hijab. Jangan sampai kita mengenakan hijab cuman untuk tuntutan profesi, atau karna kita sekolah di tempat yang harus mengenakan hijab dan yang lebih parahnya kita mencopot hijab kita. Walaupun memakai hijab itu merupakan kewajiban semua wanita, tapi gak ada salahnya kita juga memantapkan hati kita juga. Hijab itu gak jadul kok, kita juga bisa tampil lebih modis dan lebih anggun dengan menggunakan hijab. So?? jangan malu memakai Hijab....
Wassalamualaikum wr.wb..

1 comment: