Friday, July 13, 2012

Hijab Stories by Anggun Cita


Mamah ahh..Anggun nggak mau Mah..panas! Ribet! gak bisa gaya! nanti mesti dibilang CUPU!! Anggun gak mauu...!!!, yang penting kan hatinya siihh..?? Haaahh Mamah nyebelin selalu saja nyuruh melakukan hal yang sama..!!dumelanku dalam hati siang itu.

Anggun , anak SMA yang gendut..tetep egois..lebih mengandalkan mood dan selalu berdebat dalam setiap hal yang dianngapnya tidak sama dengan persepsinya atau yang yang dia tahu. Hehe yaa itulah aku.
“ ndo..ini loh liat Mamah beliin baju bagus..
“ bergegas aku menghampiri mamah dikamarnya yang baru pulang dari tempat kerja. “ mana mah??mana..?? “ teriakku penuh kegirangan dan rasa penasaran, “ ini buat mba semua masing – masing 2 macam pilihan warna pink atau ungu..??’’ tanyanya “ haaahhh kok gamis sih mah..??yang ini lagi rok gombrong..Memangnya Anggun mau apa pake baju – baju ini..?? Anggun itu maunya yang bisa buat main mah..celana jeans..kaos..bukan buat kepengajian/acara –acara keagamaan..apa lagi Anggun tu gendut Mah pake gitu malah nambah gendut tau Mah..emoh ahh ndak pokoknya nggak mau!!buat mamah aja lah..” aku ngeloyor pergi ninggalin Mamah yang masih bengong melihatiku .

Dalam hati ngapain sih Mamah beliin baju – baju gitu segala mahal – mahal Cuma dapet 2 baju??haaahh heran bener – bener tak habis pikir mending buat beli kaos kan bisa dapet banyak..!! bisa join pula ma adik – adik cowokku itu..hehehe, padahal Mamah kan tau baju – baju begitu numpuk penuh dilemari, yaa karena hanya aku pake sekali dua kali dalam setahun itu pun untuk Idul Fitri, Idul Adha, atau yahh..kalau kadang ikut acara pengajian. Tapi dengan sabarnya Mamah gak pernah ngbentak atau pun sampai – sampai gak ngebeliin aku kaos dan celana jeans ( pakaian wajibku ) syukurlah. Memang sih tiap hari di SMA pakai jilbab, tapi pulang sekolah ya udah lah..gak betah panasnya. Temen – temen juga jarang yang pake jilbab terus – terusan, juga banyak yang gak pake malah..di pake klo pas pelajaran agama ajah! ada sih beberapa yang stay pake jilbab dimanapun dia berada..tapi yang buat aku ragu terkadang ada juga yang pake jilbab kok pulang malem, pake jilbab kok pacarannya peluk-pelukan lah..mesra abis lah..bolos sekolah..ngomong kasar..nggak mandang tuh yang dia pake..??nggak banyak sihh yang aku tau tentang makna jilbab tapi nggak pas ajalah.

Pake jilbab tuh perginya kepengajian..jaga prilaku..sopan santun deehh makanya aku sering bilang “ jilbabin hati dulu dehh dari pada pake jilbab kok gitu kelakuannya..haaahh” desahku. Sampai akhirnya aku mau masuk kuliah, kebetulan aku masuk kuliah kebidanan di Kota Pati. Okey!! awalnya aku pake jilbab, ya karena disini ditekankan yang muslim pake jilbab. Tapi pulang atau keluar kuliah yah gitu lepas, bebas ” haaahhh lega..gak sumuk neh.. “.

Aku kuliah bareng sama temen satu daerahku Linda. Dia juga sama sepertiku, hehehe. Kita sering bolak balik Pati – Pekalongan yahh namanya tinggal di Kota baru di asrama pula asing dan merasa terasing..banyak gak betahnya deehh waktu itu. Diperjalanan panjang itu pun kadang kami pakai kaos, jaket, dan tetep celana jeans panjang / pendek ( yaa..gak pendek – pendek amat sih..bawah lutut sikik lah.. ) Tapi sampai di rumah Mamah bukannya senyum atau menyambut putri cantiknya yang ndut imut ini?!hehe, dengan sinisnya Mamah bilang “ kamu tu ndo pulang kuliah ( asrama ) apa dari pulang main siihh..?? ” Ya Allah..baru kali ini aku denger Mama ngebentak aku dengan keras dan nyuekkin selama aku liburan pulang ke rumah.. haahh memang kenapa sih??ada yang salah memangnya??tapi aku anggap aja waktu itu Mamah lagi khawatir aja kali yahh.hmm Liburan perkuliahan berikutnya aku ke Tegal, ke rumah Mbah Kakung & Mide ku tersayang. Disana adalah rumah kedamaian bagi ku..selalu ada canda tawa walau hanya dengan kesederhanaan. Mbah Kakung selalu mau bercerita bagaimana mengerikan, kekejaman, ketakutan, kecemasan, tangisan, tumpah darah masa – masa penjajahan jaman Belanda dan Jepang, dan hebatnya Beliau masih ingat detil – detilnya cerita dan keadaan bagaimana masa mudanya. Yang lebih salut dan bangganya Mbah Kakung masih bisa baca Al-Qur’an kitab kecil tanpa menggunakan alat bantu apapun..Subhanallah..pengamalan agama disana pun betul – betul loh..sholat harus tepat waktu, mengaji, dan pake pakaian sopan gak boleh kelihatan auratnya. Harusnya berjilbab tapi..aku membandel memang, jarang mau pake jilbab padahal Mbah Kakung sering bilang “ bocah wadon muslim kue kudune nganggo jilbab!!ben luwih disayang Allah SWT kanggo nutupi aurote..kue be tuntunan sunah Kanjeng Nabi Muhammad SAW..belajar nganggo jilbab ya!!nok ayu.. “ ( “ anak perempuan muslim itu harusnya memakai jilbab!!agar lebih disayang Allah SWT untuk menutupi auratnya..itu pun tuntunan sunah Kanjeng Nabi Muhammad SAW..belajar pakai jilbab ya!!anak cantik. red ) gitu Beliau selalu bilang, dengan muka malu – malu kepiting rebus aku jawab “ nggeh, mbah insyaallah..nek Anggun sampun manteb “ asal jawab..( manteb apanya??jadi bingung??). Waktu gak segaja main ke Semarang teman dekatku juga sering bilang, “ dhe..coba deh pakai rok..jilbab..dan baju panjang, biar aman minimalisir dari gangguan apa lagi kamu sering perjalan jauh, ditutupin kan terlihat anggun se’anggun namanya. “ aku jawab aja “ ihh apaan siihh..?? memangnya kalo aku begini merugikan orang lain??repot banget sihh??malu tau masa aku harus tiba – tiba jreeng berubah! “ , “ yaa..itu kan cuma pendapatku..”, “ uhh ya..ya.. ”, mangkel aku, kenapa to??mayoritas orang selalu bilang hal yang sama? Pake jilbab Nggun..memangnya pake atau gak ngaruh besar apa..?? tapikarena saking seringnya banyak yang ngomongin..nyeritain..gimana perempuan berjilbab dengan berbagai fersinya, Lama kelamaan aku mulai merenung..termangu memandangi diriku didepan kaca. Banyak pertanyaan yang akhirnya muncul dan aku bingung menjawabnya sendiri. Katanya muslimah..??kok terbuka..??identitas apa yang aku pakai untuk menunjukkan bahwa aku muslimah..nggak mungkin kemana – kemana aku pampang KTP / woro – woro bahwa aku muslimah. Kalau aku pake jilbab tanpa orang bertanya atau aku menjelaskan mereka pasti sudah tau bahwa aku muslimah. Jadi mereka pun akan bersikap lebih menghormati atas apa yang aku kenakan, ini mungkin yang dimaksud temanku dan yang selama ini dikhawatirkan Mamah karena anak gadisnya yang sering keluar rumah dan lagi melakukan perjalanan jauh.

Bingung harus cerita ke siapa aku menemui Mba Vivin..kakak sepupuku yang beda lahir cuma 1 minggu. hehe “ Mba..apakah Anggun bisa pakai jilbab yaa..??gimana kalau panas..??di Bus / Kereta yang penuh kan panasnya minta ampun? memang aku kuat Ya Allah?? “ tanyaku saat bersama kakak sepupuku. Dia memang lebih dulu memakai jilbab sejak dia mulai masuk MTs. “ dek..coba saja dulu..kan bisa pakai kipas tangan atau kipas elektrik..sekarang kan jaman sudah maju..??masa Anggun gaptegh? hahaha” elah dalah ngece cah iki, “ panas di Bumi ini belum ada apa – apanya dibandingkan dengan panas di Neraka nanti. Berjilbab itu perintah Allah SWT, kan ada dalam surat An Nur ayat 35 dan Al Ahzab ayat 59..?? masa Anggun mau mengingkari perintah Allah SWT langsung dari Al-Qur’an? Loh ini ”, “ ya nggak gitu sih Mba., tapi Mba mah enak kan kurus, bisa pake baju apa aja terlihat pas..aku gendut Mba, kalau pakai gitu kan aku jadi malu berjalan kaya orang – orangan sawah aja, tau! ”, dengan tersenyum dia bilang.. ” Memang Anggun mau, lekuk badan Anggun terlihat sama orang yang bukan mahramnya kelak?rambut yang terurai atau dikucir sekalipun, apa nggak sayang rambut dan kulit yang indah terbakar kena sinar matahari?dengan berjilbab kan aman!insyallah Anggun bisa.. coba dulu nihh!” Di rumah sehabis sholat Isya aku langsung nyari Mamah..gak sabar pengen cerita dan tanya Mamah ” Mah..pake jilbab itu gmn sih..?? memang Mamah saat pake jilbab gak panas??” banyak keraguan dalam hatiku untuk memulai pake jilbab..tapi dengan penuh kesabaran Mamah bilang “ ndo sayang..coba deh renungin..plus dan minus nya muslimah yang berjilbab dan yang belum berjilbab, pasti mba akan merasakan damainya setelah menggunakan jilbab..” sebelum tidur aku melaksanakan sholat malam. Keesokan harinya aku langsung bilang ke Mamah “ Mah, Anggun pinjem jilbabnya yah..buat berangkat ke asrama besok..” Mamah senyum dengan heran, seneng, bingung “ ohh nggeh..Alkhamdulilah..sayangku! “ yukk siapin besok mau pakai baju apa? nanti kerudungnya yang ini, kalau baju ini kerudungnya yang ini” heboh ini itu memang banyak perlengkapannya terlihat ribet, untungnya Mamah bantuin aku nyiapin semua baju – baju panjang, Rok, dan beberapa jilbab untuk ganti selama aku di asrama.

Besoknya ini pertama kalinya aku pake jilbab untuk setiap kegiatan luarku, gak hanya untuk kuliah/acara pengajian aja..tapi disetiap kesempatan..hmm terasa canggung juga, malu, dibilang nggak pantes, terlihat semakin gendut atau apalah komentar teman – teman nanti. Panas, nggak modis, ribet, dan seribu atau bahkan sejuta keluhan jika Anggun mengeluh lagi. Tapi hati ini sudah niat dan insyallah istiqomah, amin..mungkin ini hidayah dari Allah SWT, seperti kata orang – orang yang menyayangi ku, yang selalu buat aku kuat dan tetap teguh menggunakan jilbab ini.

Dan sekarang aku mulai beranggapan ini bukan sekedar jilbab yang dipakai untuk menutupi rambut dan tubuhku dari sengatan terik matahari, atau bahkan sekedar identitas belaka agar orang tau bahwa aku muslimah, tapi ini adalah pengaman hati dan prilakuku, penentram jiwa, membuat hidup ini lebih terasa lebih tertata dan terkontrol. Malu..dan merasa seperti telanjang jika aku keluar gak pake jilbab. Memang berjilbab bukanlah satu – satunya komponen ketakwaan, namun berjilbab, merupakan bentuk nyata amal dari keimanan muslimah. Jadinya lakukan semampunya masalah hati dijilbabin dulu, hmm hati kan urusannya Allah SWT, pake aja jilbabnya sekalian. Sungguh nikmat memang, aku mensyukuri semua yang ada saat ini. Sekarang Mamah nggak ragu lagi beliin Anggun baju panjang, rok, jilbab. Malah kita jadi sering hunting bareng. Apa lagi sekarang banyak disigners yang membuat tutorial berhijab yang tidak monoton, seru lohh..mengaplikasi berbagai macam cara – cara berhijab, dan jangan sedih..!!sekarang berhijab juga bisa modis, stylis, tapi tetep syar’i pastinya. Tapi jangan jadikan karena sekarang model – model jilbab yang beraneka ragam menjadikan landasan dasar Ukhti – Ukhti untuk mengenakan jilbab, namun harus karena Allah SWT yahh!supaya kokoh iman islam dan pegangan hidup kita, Insyallah jikalau kita mau mengenal Islam, mengenal Allah SWT, niscaya kitapun akan lebih nyaman dan tentram. Amiin

No comments:

Post a Comment