Wednesday, January 8, 2014

Product Review : Wardah Sunscreen Gel SPF 30

image & photo courtesy of the son photography 

Setelah mengikuti beauty class, saya jadi sadar bener pentingnya perawatan harian buat wajah. Nah, salah satu item yang ngga kalah penting dalam rangkaian skin care adalah sunscreen, atau pelembab wajah yang mengandung SPF. Nggak mau kan kulit yang sudah susah payah dirawat jadi rusak karena paparan sinar matahari?

Kenapa terkena paparan sinar matahari bisa merusak kulit? Pertama, karena kulit yang bersentuhan langsung dengan sinar matahari dapat mengaktifkan enzim tyrosinase yang menyebabkan melanosit memproduksi melanin. Produksi melanin yang berlebihan inilah yang nantinya bisa menyebabkan warna kulit jadi nggak merata, timbul noda gelap dan bintik hitam.  

Selain itu, sinar UVA yang menembus lapisan kulit dapat merusak kolagen dan elastin. Inilah yang menjadi penyebab kulit mengalami penuaan dini. Jangan lupa juga dengan sinar UVB yang bisa membuat kulit terbakar kalau kita tidak melindungi dengan tabir surya. 

Kali ini, saya akan mereview Sunscreen Gel SPF 30 dari Wardah

Saya mendapatkan produk ini di salah satu gerai Wardah di supermarket, harganya kalau tidak salah masih di bawah rp. 30.000. Saya tertarik pada tabir surya ini karena produk-produk Wardah terjamin kehalalannya. Selain itu, tabir surya ini juga sudah mengandung dua manfaat sekaligus, yaitu perlindungan terhadap UVA & UVB, dan kandungan SPFnya cukup tinggi, yaitu SPF 30. Dan selain melindungi kulit dari sinar matahari, juga ada kandungan Aloe Vera, Pro Vitamin B5 serta vitamin E yang berfungsi untuk melembabkan.

Pada kemasan ditulis sunscreen gel, tapi teksturnya lebih creamy dibandingkan gel. Meskipun tidak berupa cream yang padat. Bisa dibilang tekstur cream-nya terasa light, dan warnanya putih. 

Saat dioleskan ke kulit, warna putihnya langsung berbaur transparan dengan warna kulit. Beberapa tabir surya yang pernah saya coba, meninggalkan lapisan putih di permukaan kulit, tetapi produk ini tidak meninggalkan lapisan yang kurang saya sukai itu. Setelah diaplikasikan ke kulit lalu diratakan, produk ini langsung menyerap dan terasa halus serta tidak lengket. Tidak lengket dan langsung terasa menyatu dengan kulit itulah yang membuat saya lumayan menyukai tabir surya ini. Tabir surya ini wangi banget kalau menurut saya. Wanginya lumayan lembut dan tidak menganggu juga, sih. Tapi wanginya relatif menetap di kulit selama beberapa waktu. 

Saat cuacanya sedang sejuk dan tidak membuat saya berkeringat banyak, menurut saya tabir surya ini tetap terasa nyaman di kulit, tetapi saat cuaca sedang panas dan mulai banyak berkeringat, tabir surya ini mulai membuat kulit muka jadi terasa oily dan lengket. Untuk bagian lain selain wajah sih, rasanya fine-fine saja dan cukup terasa lembab. Kondisi itu membuat saya kadang-kadang malas untuk re-apply tabir suryanya ke muka. Padahal, sunscreen kan memang harus di-reapply. Apalagi kalau sehabis wudhu dan menggunakan lagi tabir surya ini, muka jadi gampang terasa berminyak.  

Kesimpulannya:

Kelebihan :
  • Harganya relatif terjangkau dan cukup mudah didapatkan di gerai-gerai atau supermarket.
  • Kemasannya praktis, berbentuk tube, dan terdapat ukuran kecil sehingga mudah dibawa-bawa untuk re-apply.
  • Cepat meresap dan tidak lengket.
  • Selain sebagai tabir surya, juga berfungsi untuk melembabkan kulit.

Kekurangan :
  • Pada saat cuaca terasa panas dan tubuh berkeringat, tabir surya ini jadi terasa oily dan lengket terutama, di bagian kulit wajah.
  • Cenderung malas untuk melakukan re-apply tabir surya ini kalau kondisi muka sudah berminyak.
  • Buat yang ngga suka atau alergi sama produk yang mengandung pewangi, harus mempertimbangkan dulu apakah pewangi dalam produk ini aman atau tidak.

3 comments:

  1. nice review :)
    aku baru beli nih, tapi belum dipake karna takut ngga cocok -__-

    ReplyDelete
  2. Kalau udh pakai sunscreen wrdah apa bs pakai found merk lain nya sis

    ReplyDelete
  3. Bisa bertahan berapa lama kak

    ReplyDelete